Kamis, 03 November 2011

materi elastisitas permintaan dan penawaran

Elastisitas Permintaan dan Penawaran
Elastisitas permintaan Adalah mengukur perubahan jumlah barang yg dibeli akibat perubahan suatu factor yang mempengaruhinya. 
Ed=Persentase perubahan jumlah pangan yang diminta
                Persentase perubahan harga
Elastisitas Penawaran adalah mengukur refonsif penawaran sebagai akibat perubahan harga koefesien
Rumus Umum:
Es = Persentase perubahan jumlah pangan yangditawarkan
                Persentase perubahan harga

Jenis – jenis Elastisitas Permintaan
 


JENIS ELASTISITAS PERMINTAAN
a. Elastisitas permintaan silang
 Adalah koefisien yang menunjukkan sampai dimana besarnya perubahan permintaan terhadap suatu barang apabila terjadi perubahan terhadap harga barang lain.
Besarnya elastisitas silang (Ec) dapat dihitung berdasarkan kepada rumus berikut :
Ec = Persentasi perubahan jumlah barang X yang diminta
                      Persentasi perubahan harga barang Y 
b. Elastisitas permintaan pendapatan
Adalah koefisien yang menunjukkan sampai dimana besperubahan permintaan terhadap suatu barang sebagai akibat darperubahan pendapatan pembeli.
Besarnya elastisitas permintaan pendapatan (Ey) dapat ditentukan menggunakan rumus berikut :
Ey = Persentasi perubahan jumlah barang yang diminta
                                Persentasi perubahan pendapatan
Jenis elastisitas penawaran
Faktor penentu elastisitas permintaan
Elastisitas Titik permintaan
Misalkan Qd = f (P), maka Ed:

di mana;
                q/ p adalah turunan pertama fungsi permintaan      terhadap harga,
                q adalah jumlah yang diminta
                p adalah harga.
Menghitung Elastisitas Titik dari Penawaran:
Misalkan Qs = f (P), maka elastisitas penawaran dihitung dengan menggunakan rumus:
di mana ;
    q/ p  = turunan pertama fungsi penawaran   terhadap harga     (selalu positif)
    q         = jumlah yang diminta
    p         = harga

Materi Penawaran

Penawaran
Pengertian Penawaran adalah
                “Sejumlah kuantitas barang tertentu yang ingin dijual oleh produsen pada berbagai tingkat harga dalam periode waktu tertentu”.
Hukum Penawaran
“Semakin  tinggi  harga  suatu  barang,  semakin  banyak  jumlah  barang tersebut  akan  ditawarkan  oleh  para  penjual.  Sebaliknya,  makin  rendah
harga  suatu  barang,  semakin  sedikit  jumlah  barang  tersebut  yang ditawarkan.”

Faktor – Faktor Dalam Penawaran
a. Harga Barang itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya jika barang yang ditawarkan turun jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan turun. Misalnya jika harga sabun mandi meningkat dari Rp1.500,00 menjadi Rp2.000,00, maka jumlah sabun mandi yang penjual tawarkan akan meningkat pula.
b . Harga Barang Pengganti
Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Penjual berharap, konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan, karena harganya lebih rendah. Contohnya harga kopi meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh.
c . Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya. Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barang-barang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit. Hal ini disebabkan karena produsen tidak mau rugi. Sebaliknya jika biaya produksi turun, maka produsen akan meningkatkan produksinya

d . Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak. Misalnya untuk menghasilkan 1 kg gula pasir biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Manis sebesar Rp4.000,00. Harga jualnya sebesar Rp7.500,00/kg. Namun dengan menggunakan mesin yang lebih modern, perusahaan Manis mampu menekan biaya produksi menjadi Rp3.000,00. Harga jual untuk setiap 1 kilogramnya tetap yaitu Rp7.500,00/kg. Dengan demikian perusahaan Manis dapat memproduksi gula pasir lebih banyak.
e . Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.
f . Perkiraan Harga di Masa Depan
Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya pada saat krisis ekonomi, harga-harga barang dan jasa naik, sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa, karena takut tidak laku.

Macam – macam Penawaran
Apabila ditinjau dari jumlah barang yang ditawarkan, penawaran dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu penawaran perorangan dan penawaran kolektif.
                a. Penawaran Individu
Penawaran individu adalah jumlah barang yang akan dijual oleh seorang penjual.
                b . Penawaran Kolektif
Penawaran kolektif disebut juga penawaran pasar. Penawaran kolektif adalah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran perorangan.

Kurva penawaran
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :
                “Yaitu  suatu  kurva  yang  menunjukkan  hubungan  diantara  harga  suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
-  Kalau  penawaran  bertambah  diakibatkan  oleh  faktor-faktor  di  luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
-   Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas 
- Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh   mekanisme pasar

Contoh kurva penawaran
Description: Tabel 17.5 Daftar Penjualan Jeruk Pak Heri